Desa Wisata Tembi

Wisatanesia.com-Desa Wisata Tembi adalah nama sebuah desa di Selatan Yogyakarta berjarak sekitar 4 Km arah selatan kota yogyakarta,tepatnya berada di dusun Tembi, desa Timbulharjo, kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nama desa ini kemudian diadaptasikan menjadi sebuah lembaga kebudayaan Rumah Budaya Tembi (Rumah Budaya TEMBI) menempati lahan seluas 3000 m2, memiliki fasilitas-fasilitas antara lain: Pendopo, Ruang Galeri, Perpustakaan dan Ruang Baca Perpustakaan, Rumah Dokumentasi Budaya


Pada awalnya rumah budaya Tembi adalah Lembaga Studi Asia Bidang Kajian Jawa yang pada 1994 berada di Surakarta. Pada tahun 1995 lembaga ini pindah ke dusun wisata Tembi Yogyakarta.

Kompleks rumah budaya Tembi adalah salah satu tempat didesa wisata Tembi yang berisi museum, perpustakaan, galeri, pendopo, pringgitan, ensiklopedia kebudayaan Jawa dan kantor yang diresmikan tahun 1999 atas inisiatif P.Swantoro dibawah pengelolaan Yayasan Kebudayaan Jawa. Dengan adanya rumah budaya ini diharapkan pengunjung mendapat informasi yang bermanfaat tentang kebudayaan Jawa.


Didalam museum Tembi ini tersimpan diantaranya peralatan tradisional berupa senjata, keris, peralatan dapur, pertanian. Juga dapat dilihat foto siklus hidup masyarakat Jawa seperti mitoni, tedhak siten, tetakan, supitan, manten.

Ada juga video pertunjukan seni tradisional, wayang, kethoprak, campursari, gejog lesung, tari, ndolalak, keroncong. Juga ada koleksi keris, cundrik, tombak dan pedang yang berjumlah 300buah. Bisa kita lihat juga buku-buku, naskah tua dan resep menu masakan tradisional jawa.WIsata Indonesia Surga Dunia.


Dapatkan kiriman artikel terbaru ke email anda!

http://www.wego.co.id/hotel?ts_code=b7bf4&utm_source=b7bf4&utm_medium=affiliate&utm_campaign=WAN_Affiliate&utm_content=banner