Besok, Festival Danau Sentani

Pesta budaya Festival Danau Sentani ke-4 2011 tinggal sehari lagi. Menurut Bupati Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua Habel Melkias Suwae, dalam pelaksanaannya, festival akan melibatkan seluruh masyarakat nusantara.

Ia mengatakan, pesta budaya masyarakat Papua yang dimulai sejak 2008 ini diberi nama Festival Danau Sentani, namun diikuti semua masyarakat se-nusantara yang berada di provinsi tertimur Indonesia ini, khususnya di Kabupaten Jayapura.

"Kita beri kesempatan seluruh paguyuban di Tanah Papua terlebih khusus di Kabupaten Jayapura juga mengambil bagian dalam pelaksanaan FDS dengan menampilkan kebudayaannya masing-masing," kata Bupati Habel.

Habel Suwae yang juga calon Gubernur Papua periode 2011-2016 dari Partai Golkar ini menambahkan, pada prinsipnya, FDS adalah sebagai satu upaya untuk mengangkat dan melestarikan budaya tradisional dan memperkenalkan kepada generasi muda.

"Melalui FDS ini kita berupaya mengangkat budaya tradisional masyarakat Papua, juga sebagai upaya mengalihkan budaya tradisional ini ke generasi muda," terang bupati yang terkenal dengan bapak pemberdayaan ini.

Menurut Bupati Habel Suwae, keterlibatan seluruh masyarakat nusantara yang ada di Jayapura dalam pelaksanaan FDS, merupakan cerminan kehidupan yang harmonis didaerahnya. Lebih dari itu, kata dia, Festival Danau Sentani juga adalah salah satu sarana atau media untuk membangun kebersamaan diantara sesama suku bangsa yang ada di Papua.

Dengan demikian antara masyarakat asli Papua dan masyarakat dari luar saling mempelajari, saling mengetahui, serta saling memahami perbedaan. Agar anggapan selama ini bahwa yang mendiami tanah ini bukan hanya orang Papua tetapi juga ada saudara-saudara dari luar telah ikut bersama-sama menyukseskan pembangunan di provinsi tertimur Indonesia ini.

Festival Danau Sentani telah menjadi kalender tahunan parawisata di Papua, yang diselenggarakan setiap tanggal 19-23 Juni, di Kawasan Wisata Khalkote, Distrik Sentani Timur.

Untuk pelaksanaan Festival Danau Sentani ke-4 tinggal dua hari lagi, memasuki H-2 persiapan terus dilakukan oleh panitia termasuk melakukan kerja bakti di kawasan wisata Khalkote, pengecekan anjungan, dan persiapan dari masing-masing kordinator kegiatan.

Begitu pula bagi kabupaten/kota yang siap untuk memeriahkan pesta budaya tahunan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Jayapura ini telah siap.

Sumber:Antara.


Dapatkan kiriman artikel terbaru ke email anda!

http://www.wego.co.id/hotel?ts_code=b7bf4&utm_source=b7bf4&utm_medium=affiliate&utm_campaign=WAN_Affiliate&utm_content=banner