Karnaval Warnai Pembukaan Festival Danau Sentani

Sentani- Ratusan masyarakat termasuk paguyuban yang berada di Kabupaten Jayapura, Papua, akan mengikuti Karnaval Nusantara mengawali pembukaan pesta akbar budaya Festival Danau Sentani (FDS) yang ke-4 tahun 2011, Sabtu.

Acara pembukaan Karnaval Nusantara akan dimulai sekitar pada pukul 10.30 Waktu Indonesia Timur (WIT) hingga pukul 14.00 WIT dengan titik start dari Lapangan Upacara Bupati Jayapura di Gunung Merah Sentani menuju Kota Jayapura finis di PTC Entrop.

Karnaval tersebut diikuti seluruh paguyuban di Kabupaten/Kota Jayapura dilepas oleh Wakil Bupati Zadrak Wamebu,SH.MM, dan diterima oleh Bupati.

Dari masing-masing paguyuban baik dari luar Papua maupun di Papua sendiri yang turut serta dalam pagelaran tersebut menampilkan budaya tradisional, serta menggenakan busana daerah masing-masing.

Setelah sampai di PTC Entrop masing-masing paguyuban menampilkan tari-tarian tradisional yang diiringi lagu daerah.

Bahkan pada akhir kegiatan seluruh paguyuban menjadi satu dan menampilkan tari-tarian masing-masing, namun tetap terlihat kompak,

Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae,S.Sos.MM, pada kesempatan tersebut mengatakan penyelenggaraan karnaval nusantara dalam pelaksanaan Festival Danau Sentani adalah sebagai atraksi arak-arakan seni budaya, juga dimaksudkan untuk memelihara identitas dan membangun kekhasan seni budaya di masing-masing daerah di tanah air.

"Ini adalah bukti pemeliharaan persatuan dan kesatuan diantara sesama suku, ras, agama. Nasionalime yang sangat kental terjalin diantara sesama," katanya.

Festival Danau Sentani ke-4 2011 yang akan dimulai pada Minggu (19/6) mengusung tema "Love Pece and Harmony" atau Cinta Kasih, Damai dan Rukun".

Tiga agenda pokok FDS, selain karnaval nusantara diantaranya adalah pagelaran budaya, pameran, dan tour wisata.

Sumber:(ANTARA News)


Dapatkan kiriman artikel terbaru ke email anda!

http://www.wego.co.id/hotel?ts_code=b7bf4&utm_source=b7bf4&utm_medium=affiliate&utm_campaign=WAN_Affiliate&utm_content=banner