Simpang Lima Gumul

Simpang Lima GumulWisatanesia.com-Monumen Simpang Lima Gumul merupakan salah satu ikon baru dari kota kediri,Jawa Timur.berada di persimpangan arah selatan ke Wates/pesantren, Timur Ke Gurah – Utara ke pagu – arah timur laut ke Pare – dan arah ke Barat ke Kota Kediri. Tujuan awal dibangun Monumen Simpang Lima Gumul atau masyarakat sekitar menyingkatnya dengan (SLG) adalah sebagai sentra ekonomi baru di Kabupaten Kediri. Sehingga diharapkan roda perekonomian Kediri makin bertambah maju dengan adanya ikon baru.

Monumen simpang lima gumul merupakan bangunan pertama yang ada di indonesia yang pembangunannya mirip dengan bangunan L’Arch de Triomphe yang berada di paris prancis,mengapa tidak membuat monumen yang menggambarkan ciri khas Kota kediri,bukankah kediri dahulu kala merupakan pusat dari kerajaan besar yaitu kerajaan kediri.

Pembangunan monumen Simpang Lima Gumul sendiri diawali pada tahun 2003. Penggagas dari pembangunan monumen simpang lima Gumul sendiri adalah Bupati Kediri, Bapak Sutrisno. Monumen simpang lima gumul ini tepatnya berada di Desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem,kediri. Ada yang bilang monumen simpang lima gumul ini terinspirasi dari “Jongko Joyoboyo” Raja Kediri abad XII yang ingin menyatukan lima wilayah di Kabupaten Kediri.
Simpang Lima Gumul
Secara bangunan fisik monumen Simpang Lima Gumul ini mempunyai luas 804 meter persegi dan dengan tinggi bangunannya mencapai 25 meter dan ditumpu tiga tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar. Angka-angka tersebut menggambarkan tanggal, bulan, tahun, hari jadi Kabupaten Kediri, yakni 25 Maret 804 Masehi.Wisata Indonesia Surga Dunia.

{berbagai sumber artikel}
Wisata Jawa Timur, Wisata Kediri


Dapatkan kiriman artikel terbaru ke email anda!

http://www.wego.co.id/hotel?ts_code=b7bf4&utm_source=b7bf4&utm_medium=affiliate&utm_campaign=WAN_Affiliate&utm_content=banner