Ibu Negara Akan Buka Pameran Kridaya 2011

Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono akan membuka Pameran Kridaya 2011 yang digelar di Jakarta Convention Center pada 3-7 Agustus 2011. Pameran kerajinan berbasis budaya kali ini akan menampilkan bambu sebagai ikon pameran Kridaya 2011.

"Ikon bambu yang ditampilkan dalam pameran Kridaya 2011 ini dalam rangka mengapresiasi serta melestarikan angklung yang tahun 2010 lalu telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia," kata Ny. Triesna Jero Wacik dalam jumpa pers mengenai persiapan pameran Kridaya 2011 di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (28/7).

Menurut Triesna Wacik yang juga sebagai Ketua Umum Kridaya 2011, ditampilkannya produk bambu sebagai ikon pameran Kridaya 2011 mendapat apresiasi dari Ibu Negara, "Beliau berkenan hadir untuk membuka dan memberikan sambutan," katanya.

Dalam acara pembukaan pameran akan ditampilkan pegelaran musik Simponi Musik Bambu yang dimainkan dengan beberapa instumen musik terbuat dari bambu seperi angklung, jegog Bali, calung, suling, saluang, sebagai kolaborasi seni dari berbagai daerah yang dipadukan menjadi kesatuan aransemen irama musik dan lagu.

Selama pameran juga ditampilkan alat musik angklung yang dimainkan dengan tenaga listrik. Angklung listrik ini sangat unik karena tidak memerlukan banyak pemain karena secara otomatis dikendalikan dengan komputer. Nuansa bambu modern juga ditampilkan dalam dekorasi pameran, alat musik seperti biola bambu, furniture, interior, hingga souvenir berbahan dasar bambu.

Pameran Kridaya yang diselenggarakan oleh Yayasan Sulam Indonesia tahun ini untuk kali kedua. Pada pameran pertama tahun lalu menampilkan batik sebagai ikon pameran. Tujuan pameran ini untuk mempromosikan aneka ragam keindahan dan keunggulan budaya bangsa serta membangun citra positif kebudayaan Indonesia di mata internasional.

Pameran juga mengetengahkan nilai-nilai tradisional hasil produk budaya Indonesia, sehingga menjadi salah satu tujuan kunjungan wisata 2011, kata Bramantyo dari PT Mediatama Binakreasi sebagai penyelenggara pameran Kridaya 2011. Pameran yang menampilkan produk kerajinan berbasis budaya seperti batik, wayang, keris, tenun, perhiasan mutumantikam ini dimeriahkan dengan aneka lomba dan pegelaran kesenian, serta demo di antaranya proses pengolahan bambu sampai menjadi produk kerajinan.

Selain itu disediakan makanan (tanjil) untuk berbuka puasa. Sebanyak 400 UKM dari seluruh Indonesia berpartisipasi dalam pameran yang menempati 300 stand terbagi dalam 3 hal; main lobby, assembly, dan plenary hall. Selama lima hari pameran ditargekan akan dikunjungi 35 ribu pengunjung dengan target trasaksi Rp 17,5 miliar. (Pusinpub,Budpar)

Dapatkan kiriman artikel terbaru ke email anda!

http://www.wego.co.id/hotel?ts_code=b7bf4&utm_source=b7bf4&utm_medium=affiliate&utm_campaign=WAN_Affiliate&utm_content=banner