Noken,Tari Bali Dan TMII didaftarkan ke UNESCO

Tas asli masyarakat Papua, Noken dan Satu set Tari Bali yang terdiri atas sembilan tarian , tahun 2011 sudah didaftarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada UNESCO untuk dijadikan warisan dunia asli Indonesia pada tahun 2012.

"Berkas untuk Noken dan Tari bali sudah dikirimkan ke Markas UNESCO di Paris . Kalau Noken Papua masuk dalam list safeguarding dan satu set Tari Bali diusulkan masuk dalam representatif list.

pemerintah Indonesia sudah mendaftarkan tiga budaya tak benda milik Indonesia untuk dimasukkan menjadi nominee dalam inskripsi UNESCO, badan PBB yang membawahi bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan ini.

Ketiga unsur budaya tersebut kerajinan tangan noken khas masyarakat Papua sebagai daftar yang Membutuhkan Perlindungan Mendesak (urgent safeguarding of intangible cultural heritage),tari tradisi Bali sebagai Nominasi Daftar Representatif Budaya Tak Benda (representative list of intangible cultural heritage) dan juga Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai nomine Penciptaan Ruang Budaya untuk Perlindungan, Pengembangan, dan Pendidikan Warisan Budaya (best practices of intangible culturan heritage).

Usulan menjadikan noken dan tari bali untuk dijadikan warisan dunia asli indonesia ini akan dibahas pada tahun 2012, pada tahun depan,pemerintah indonesia juga akan kembali mengusulkan beberapa mata budaya ke UNESCO,diantara adalah: Tari Maengket, Sasando, dan Tenun Songket,Oleh karena itu, saat ini pihaknya sedang mengumpulkan dokumen pendukung untuk tiga mata budaya tersebut untuk diajukan ke UNESCO pada 2013.

Pengusulan ketiga warisan budaya tersebut ke UNESCO bertujuan untuk melestarikan aneka ragam budaya Indonesia dari ancaman kepunahan maupun pencurian dari pihak asing.Wisata Indonesia Surga Dunia.


Dapatkan kiriman artikel terbaru ke email anda!

http://www.wego.co.id/hotel?ts_code=b7bf4&utm_source=b7bf4&utm_medium=affiliate&utm_campaign=WAN_Affiliate&utm_content=banner